Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah

Sumber: hellosehat.com

Sakit kepala mungkin sudah menjadi yang biasa. Banyak orang yang sering menderita sakit kepala. Banyak alasan dan penyebab seseorang sakit kepala. Terdapat banyak jenis sakit kepala, salah satunya sakit kepala sebelah. Pernahkah kamu merasakan sakit kepala sebelah? Apakah sebelah kanan atau kiri? Terdapat perbedaan antara sakit kepala sebelah kanan dan kiri. Apa saja itu? bagaimana cara mengatasi sakit kepala? Sakit kepala menurut alodokter.adalah rasa sakit atau nyeri di kepala, yang bisa muncul secara bertahap atau mendadak. Nyeri dapat muncul pada salah satu kepala atau hanya di bagian kepala tertentu. Sakit kepala bisa dapat membuat kepala terasa berdenyut atau seperti terlilit kencang oleh tali. Perbedaan posisi sakit kepala dapat membedakan penyebab terjadinya nyeri. Oleh karena itu, penting mengetahu penyebab sakit kepala sebelah dan gejalanya.

  1. Sakit kepala sebelah kanan

Sakit kepala sebelah kanan dapat disebabkan oleh begitu banyak hal yang sulit untuk didiagnosis. Penyebab yang dapat dideteksi adalah:

  • Hemicrania continua, yaitu sakit kepala yang ditandai dengan nyeri pada satu sisi kepala, terjadi dari hari-hari secara terus menerus, kondisi ini menyebabkan hidung tersumbat atau malah berair, merah pada bagian kepala yang terasa sakit dan pupil mata mengecil atau kelopak mata terkulai.
  • Sakit kepala cluster, serangan nyeri pada salah satu bagian kepala dan terjadi di sekitar mata. Sakit kepala ini dapat dipicu oleh beberapa hal seperti suhu panas, olahraga, merokok, parfum, bensin, alkohol dan aroma cat baru. gejalanya adalah pulik salah satu mata mengecil, mata berair dan merah, hidung berair, telinga merah dan wajah berkeringat.
  • Migrain kronis, ini terjadi ketika seseorang memiliki riwayat migrain yang terjadi berulang. Gejalanya seperti menyebabkan rasa nyeri berdenyut sedang hingga parah, diperparah oleh aktivitas fisik harian, dapat menyebabkan sensitivitas berlebihan pada cahaya dan suara serta timbul rasa mual dan muntah. 

Kemungkinan penyebab lainnya adalah infeksi seperti meningitis, tekanan dalam rongga kepala yang meningkat atau menurun, cedera otak, dan tumor otak. 

Cara mengatasi sakit kepala sebelah kanan yang datang berulang adalah dengan berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan meminta kamu menjalani pemeriksaan CT scan atau MRI untuk mendeteksi berbagai kemungkinan penyebab. Selain itu mengatasi sakit kepala sebelah kanan juga dapat dengan obat-obatan seperti antidepresan, antikejang, suntikan botox dan penghambat beta. 

  1. Sakit kepala sebelah kiri

Menurut hellosehat.com sakit kepala sebelah kiri adalah salah satu masalah kesehatan yang dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kebiasaan seharu-hari hingga gejala dari kondisi medis tertentu. Terdapat beberapa hal yang dapat menjadi penyebab sakit kepala sebelah kiri seperti minum alkohol secara berlebihan, makan tidak teratur, kurang tidur, dan stress. Selain itu infeksi atau alergi juga dapat menjadi penyebab. Sakit kepala sebelah kiri juga dapat terjadi akibat cedera, tekanan yang terlalu kuat di kepala dan glaukoma. Gejala yang dirasakan seperi nyeri yang muncul secara tiba-tiba dan terasa sangat menyakitkan, sulit berbicara disertai dengan mati rasa dan mengalami gangguan penglihatan. Kamu dapat mengatasi sakit kepala sebelah kiri dengan cara rebahan, melakukan pengaturan napas, melakukan peregangan sederhana, dan banyak minum air putih.

Itulah hal-hal yang dapat kamu ketahui tentang cara mengatasi sakit kepala sebelah. Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter jika gejala yang kamu rasakan cukup parah. 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>